struktur organisasi housekeeping, struktur housekeeping, struktur organisasi housekeeping hotel kecil, assistant executive housekeeper adalah, tugas dan tanggung jawab masing masing jabatan di housekeeping, struktur room section, struktur organisasi housekeeping department dan tugasnya, struktur organisasi housekeeping hotel bintang 5, struktur organisasi housekeeping hotel, struktur organisasi housekeeping bintang 3, struktur organisasi housekeeping di hotel, struktur organisasi housekeeping department hotel bintang 4, struktur organisasi housekeeping bintang 5, struktur organisasi housekeeping bintang 2, struktur organisasi housekeeping department hotel bintang 5
Struktur Organisasi Housekeeping Department dan Tugasnya
Struktur Organisasi Housekeeping Department dan Tugasnya |
Struktur Organisasi Housekeeping. Haloo semuanya, selamat datang kembali di Blog Daily Trip. Pada pembahasan kali ini admin akan membagikan sebuah artikel. Artikel tersebut ialah materi tentang struktur organisasi housekeeping. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini admin akan bahas struktur organisasi housekeeping secara lengakap.
Baca Juga : Pengertian Housekeeping Secara Umum Dan Materi Lengkap
Struktur Organisasi Housekeeping
Struktur organisasi housekeeping ini sangatlah penting karena dengan adanya struktur organisasi di department housekeeping, kita dapat mengetahui bagaimana alur kepemimpinan di housekeeping department, dan bagaimana hubungan tanggung jawab antar section housekeeping.
Maka dari itu, admin akan menjelaskan kepada kalian bagaimana struktur organisasi housekeeping. Namun perlu kalian ingat bahwa berikut ini merupakan salah satu contoh struktur organisasi housekeeping. Karena pada dasarnya, struktur organisasi housekeeping akan berbeda di masing-masing hotel. Hal tersebut dipengaruhi oleh besar kecilnya suatu hotel.
So berikut ini contoh Struktur Organisasi Housekeeping Department.
Struktur Organisasi Houekeeping |
Tugas Dan Tanggung Jawab Struktur Organisasi Housekeeping
Struktur organisasi houskeeping terbagi dalam bagian-bagian. Ada ruang lingkup housekeeping yang besar sekali dan luas menyebabkan penanganan housekeeping tersebut harus terperinci dan terorganisasi untuk kelancaran operasinya. Supaya lebih jelas mengenai seksi-seksi yang ada dalam Housekeeping Departement, berikut ialah susunan dan tugas yang ada di dalam organisasi Housekeeping. Adapun pembagian tugas dan tanggung jawab masing masing jabatan di housekeeping seperti berikut :
Baca Juga : Pengertian Housekeeping Menurut Para Ahli
Executive Housekeeper
Executive Housekeeper sebagai pimpinan paling tinggi di Housekeeping Department. Adapun pekerjaan dan tanggung jawabannya ialah:
- Membuat rencana program kerja di housekeeping department
- Bekerjasama dengan Front Office Department untuk memperoleh Expected Arrival List, Expected Departure List, Guest in House List, VIP in House List di hari itu.
- Mengkoordinasi dan memantau semua kerja bawahannya
- Melangsungkan training dan memberinya panduan kerja yang benar dan baik ke staf housekeeping
- Bertanggungjawab atas pembelian barang dan obat pembersih atau chemical, lena, guest amenities serta lain lain
- Membuat agenda kerja staf housekeeping department
Assistant Executive Housekeeper
Assistant Executive Housekeeper, sama sesuai namanya pekerjaan dasar seorang Assistant Executive Housekeeper ialah melakukan pekerjaan dan tanggung-jawab Executive Housekeeper jika yang berkaitan memiliki halangan atau tidak bisa menjalankan pekerjaannya. Seorang Assistant Executive Housekeeper harus sanggup melakukan semua tanggung-jawab yang diberi oleh atasannya (Executive Housekeeper)
- Membantu tugas Executive Housekeeper saat membuat program kerja, panduan pelaksanaaan pekerjaan setiap hari
- Mengatur dan memantau performa bawahan
- Mengatur status kamar Cek in, Cek Out, Room change dan OOO
- Mengatur penggunaan bahan dan alat pembersih
- Mengajukan permohonan pembelian bahan dan alat pembersih apabila sudah habis
- Memimpin dan membuat agenda kerja Supervisior
Housekeeping Secretary
Housekeeping secretary adalah section yang bekerja dalam housekeeping office. Pekerjaannya ialah menerima info dari telephone dan sebagai pusat administrasi di Housekeeping Department.
Order Taker
Order taker adalah staf yang bekerja di housekeeping secretary section, di mana mempunyai pekerjaan dan tanggung-jawab seperti berikut:
- Menerima telephone dari department lain terhitung dari kamar tamu dan menindak lanjutinya
- Memberikan perimintaan dari tamu ke room boy dan petugas yang lain yang berkaitan untuk menindak lanjutinya
- Menerima dan mendata guest complain yang diungkapkan melalui telephone oleh tamu
- Membuat get pass atau surat izin untuk membawa barang keluar hotel
- Membuat Lost and Demage Report ke akunting atau purchasing department
Floor Supervisor
Floor supervisior ialah tim leader yang memantau dan mengatur performa dari room attendant sepanjang melakukan pekerjaan. Adapun perincian pekerjaan dan tanggung-jawab floor supervisior ialah:
- Melangsungkan briefing dengan beberapa room attendant saat sebelum memulai shift dan mengulas tentang beberapa hal yang menyangkut ruang tamu seperti VIP, request dan yang lain
- Membagi master key dan perlengkapan ke masing-masing room attendant
- Memberikan laporan kehilangan atau kerusakan dalam ruang tamu agar diperbaiki oleh engineering
- Menerima kembali master key sesudah shift usai dari room attendant
- Memeriksa kembali kerja hasil room attendant dan pastikan semuanya sudah sama sesuai SOP
- Mengupdate status kamar dari Dirty jadi Clean
Room Attendant
Room attendant ialah staf yang bekerja dalam menjaga kebersihan, kerapihan, kelengkapan, kecantikan dan kenyamanan dari kamar tamu. Adapun pekerjaan dan tanggung jawabannya ialah seperti berikut.
- Mengecek dan menulis status kamar saat mengawali shift pada work sheet
- Mempersiapkan trolley dan kelengkapannya, mencakup linen, guest supplies, guest amenities, dan cleanig material
- Melakukan pembersihan kamar tamu, dimulai dari tempat tidur, kamar mandi dan balcony
- Membuat laporan terkait kamar yang telah dibersihkan pada work sheet
- Memberikan laporan kerusakan dan kehilangan ke supervisior
- Membereskan dan mengatur trolley saat telah usai dipakai
- Menggudangkan cleaning equipment dan supplies pada kondisi bersih
Baca Juga : Prosedur Langkah-Langkah Membersihkan Kamar Tamu Hotel
Public Area Supervisor
Public area supervisior adalah tim leader yang memantau dan mengatur performa dari public area attendant sepanjang melakukan pekerjaannya. Adapun pekerjaan dan tanggung-jawab public area supervisior ialah:
- Melangsungkan briefing dengan public area attendant saat sebelum memulai shift
- Memantau kerja public area attendant sepanjang mereka bekerja
- Memberinya pekerjaan pada public area attendant
- Membuat report perihal pembelian bahan dan alat pembersih di public area section
- Memberinya penilaian untuk beberapa public tempat attendant
Public Area Attendant
Public area attendant bertugas dalam mengontrol kebersihan, kerapihan, kelengkapan, keelokan dan kenyamanan area-area umum/Public Area di hotel. Adapun pekerjaan dan tanggung jawabannya ialah seperti berikut:
- Melaksanakan pembersihan di area-area umum sesuai pekerjaan yang diberi supervisior
- Melaksanakan general cleaning pada area-area umum
- Memberikan laporan kerusakan dan kehilangan ke supervisior berkaitan tempat kerja
Linen/Uniform Supervisor
Linen/Uniform supervisior adalah tim leader yang bekerja dalam memantau dan mengatur kerja beberapa staf linen attendant. Adapun pekerjaan dan tanggung jawabannya ialah seperti berikut.
- Melangsungkan briefing dengan linen attendant saat sebelum memulai shift
- Memantau kerja linen attendant sepanjang mereka bekerja
- Memberi training untuk beberapa linen attendant
- Membuat report terkait pembelian bahan dan alat yang dipakai di linen section
- Memberi penilaian untuk beberapa public area attendant
- Memantau pembagian linen ke room attendant
- Membuat laporan perihal linen yang spot/terdapat noda, robek dan tidak bisa dipakai kembali
Linen Attendant
Linen attendant bekerja dalam pengurusan linen-linen yang berada di hotel. Tugas dan tanggung jawabannya ialah :
- Menerima linen kotor dari beberapa section dan department yang berada di hotel
- Mendata linen kotor yang diterima
- Melaksanakan pencucian sampai penghapusan spot dari linen-linen itu.
- Membagi linen ke section dan department yang berada di hotel
- Mendata linen hotel yang telah robek, bernoda dan tidak bisa dipakai
Laundry Supervisor
Laundry supervisior adalah tim leader di laundry section. Laundry di sini terkadang menjadi satu dengan linen. Pada beberapa hotel besar, umumnya mereka menyiapkan sarana pencucian baju untuk tamu. Adapun pekerjaan dan tanggung-jawab dari laundry supervisior ialah seperti berikut :
- Memantau kerja laundry attendant sepanjang mereka bekerja
- Memberi training terkait SOP yang berjalan
- Membuat report terkait pembelian bahan dan alat pencuci di Laundry section
Laundry Attendant
Laundry attendant adalah petugas laundry yang mempunyai tugas dan tanggung-jawab seperti berikut :
- Menerima request pencucian baju dari tamu
- Mengambil dan memberi tanda bukti pencucian ke tamu
- Melaksanakan pencucian sampai penghapusan spot dari laundry tamu itu.
- Mengirim laundry yang telah bersih ke kamar tamu
- Memerhatikan dan memberi layanan khusus ke baju-pakaian tamu tertentu
Baca Juga : Jenis Jenis Kamar Hotel Dan Penjelasannya
Florist
Florist adalah petugas yang mempunyai pekerjaan dan tanggung-jawab dalam mempersiapkan rangkaian Bunga untuk kepentingan hotel, baik itu untuk moment-event di hotel atau untuk kepentingan di kamar hotel. Untuk atasan langsung seorang florist ini berbeda bergantung dari management hotel tersebut, karena tidak tiap hotel mempunyai section khusus yang menangani rangkaian bunga di hotel.
Gardener
Gardener atau tukang kebun adalah petugas yang bertanggungjawab dalam menjaga semua kebun yang berada di hotel, supaya selalu indah dan bersih. Tetapi, pada beberapa hotel, tidak seluruhnya section gardener ada di bawah department housekeeping. Pada hotel yang semakin besar, bagian gardener sebagai department yang terpisah dari housekeeping.
Baca Juga : kode status-status kamar hotel
So jadi itulah tadi pembahasan admin mengenai struktur organisasi housekeeping dan tugasnya. Dan perlu kalian ketahui, pada dasarnya yang admin jelaskan tadi gambaran secara umum bagaimana struktur organisasi housekeeping. Bisa saja nanti kalian menemukan struktur organisasi housekeeping yang lebih besar atau kecil dari apa yang admin jelaskan tadi.
So, admin rasa cukup sampai disini pembahasan admin mengenai struktur organisasi housekeeping. Admin mohon maaf jika ada tulisan admin yang kurang dapat dipahami, dan semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat bermanfaat bagi kalian yang membacanya.