telephone courtesy, telephone courtesy in hotel, contoh telephone courtesy, telephone courtesy dalam bahasa inggris, paper telephone courtesy, telephone courtesy room service, jelaskan mengapa telephone courtesy sangat, penting bagi dunia perhotelan, mengapa telepon courtesy penting, telephone manner adalah, pentingnya telephone courtesy, telephone coutesy adalah, sop telephone courtesy, tata cara menerima telepon di hotel, jelaskan, sopan santun bertelepon, kalimat yang mengartikan bahwa petugas akan menyambungkan telepon adalah, tata cara menerima telepon di hotel, sopan santun dalam menelpon, mengapa sopan santun dalam berkomunikasi, melalui telepon itu penting, sopan santun dalam telepon, contoh telephone courtesy
Telephone Courtesy |
Telephone Courtesy. Hallo kalian semuanya, selamat datang kembali di blog Daily Trip. Pada artikel kali ini admin akan membagikan sebuah materi, yaitu materi Telephone Courtesy di Hotel. Artikel ini untuk melengkapi materi kita tentang telephone operator. Maka dari itu simak pembahasan kali ini tentang Telephone Courtesy.
Baca Juga : Pengertian serta Tugas dan Tanggung Jawab Telephone Operator Hotel
Pengertian Telephone Courtesy
Telephone courtesy ialah satu langkah dalam berbicara lewat media telepon yang dilaksanakan dengan tata langkah yang tepat dan benar (appropriate manner). Dalam garis besar Telephone Courtesy bisa juga disebut sebagai santun sopan bertelepon.
Komunikasi Lewat Telepon ini umumnya terjadi saat tamu yang ada di kamar dan ingin pesan atau minta suatu hal untuk dihantarkan ke kamarnya, kemungkinan minta untuk membawa handuk atau air minum tambahan. Umumnya tamu akan menghubungi lewat Telephone Operator. Staf yang bekerja pada section telephone operator harus pahami yang bernama Telephone Courtesy atau Courtesy Call.
Mengapa telepon courtesy penting ?
Sopan santun dalam berkomunikasi melalui telepon itu penting karena arah akhir santun sopan bertelepon yaitu untuk memberi kesan-kesan atau gambar yang positif untuk perusahaan dan harus diaplikasikan oleh semua petugas hotel dari semua wujud kedudukan. Telephoen Courtesy sendiri harus dipraktikkan tidak cuma oleh staf Telephone Operator saja, tetapi semua staf pegawai hotel.
Oleh karena itu, berikut contoh telephone courtesy
Baca Juga : Peralatan Dan Forrmulir Telephone Operator Di Hotel
Tata Cara Menerima Telepon Di Hotel
Berikut ini sop telephone courtesy, contoh telephone courtesy atau tata cara menerima telepon di hotel :
Menjawab telepon saat sebelum deringan ke-3.
Selalu tersenyum saat terima telepon (sediakanlah cermin dimuka anda, supaya anda dapat gampang untuk ketahui expresi muka anda)
Duduk/berdiri dengan bentuk badan yang bagus.
Siapkanlah pena dan kertas untuk menulis.
Pakai standar penyuaraan salam yang berada di Hotel anda. Umumnya diawali dengan panggilan waktu, nama hotel, kenalkan anda, dan pasarkan kontribusi. Contoh : "Selamat pagi, Hotel Melati dengan Bunga, ada yang dapat dibantu?" atau "Good Morning Hotel Cantik, Bunga speaking may assist you?"
Tidak boleh makan, minum atau menyunyah permen sepanjang bertelepon
Konsentrasilah pada penelpon anda dan kenali penelepon anda.
Sapa penelepon dengan namanya sepanjang percakpan berjalan.
Tanganilah semua keinginan atau pertanyaan penelepon semampu kita. Tidak boleh usaha untuk mengubahnya ke sisi lain, itu benar-benar tidak membuat nyaman sang penelepon apa lagi anda menghubungkannya dan sang penelepon harus mengulang pembicaraannya dari awalnya kembali.
Bila penelepon minta dihubungkan, cepatlah menghubungkan di no extantion yang betul. Dan penelpon tujuan harus ketahui siapakah yang akan dihubungkan, buat apa ia minta dihubungkan dan perkenalkanlah penelpon ke seseorang yang bakal dihubungkan lebih dulu. Contoh : "Ibu Veni, Bapak feri ingin bicara dengan ibu berkenaan acara pesta rapat perusahaanya" atau "Bapak feri, saya akan menghubungkan bapak dengan Ibu Veni, beliau akan menolong bapak untuk tangani rapat perusahaan Bapak."
Infokanlah ke penelepon bila memang seharusnya ada interval waktu untuk jawab pertanyaan atau permohonannya. Contoh : "Minta menunggu bapak feri, saya mau mencoba tanya ke sisi concierge apa ticket pesawat bapak telah dimintakan."……."Termakasih sudah menunggu Bapak feri, untuk ticket pesawat Bapak telah dimintakan, sesudah ini akan diantar kekamar Bapak"
Jauhilah kalimat seperti "' yoi", "halo", " oke", atau kalimat tidak resmi yang lain. (tidak, sudah, oke cint,)
Mengakhiri pembicaraan anda dengan menyampaikan terima kasih, sapa penelepon dengan namanya. Contoh : "Terima kasih Bapak Feri sudah menghubungi Hotel Melati"
Sangat penting mengonfirmasi keinginan sang penelepon untuk menghindar penginterprestasian yang keliru dan untuk memberikan keyakinan tamu jika kita betul-betul mendengarkannya.
Baca Juga : Jenis-Jenis Sambungan Telepon di Hotel
Supaya anda bisa lakukan perbincangan telepon secara baik, anda harus menyiapkan semua sesuatunya. Berikut ialah hal - hal yang perlu ada di muka anda ketika anda melakukan perbincangan telepon:
1. Buku / daftar telepon, terbagi dalam:
Daftar beberapa nama tamu berdasar abjad (Guest name in alphabetical list)
Daftar nama dan no telepon pegawai hotel, departemen dan section
berdasar abjad (Employee Alphabetical List)
Info mengenai semua nomor telepon dalam hotel (In house Telephone Number)
Buku panduan telepon terkini (Telephone Direktori)
2.Nomor Telepon Penting.
Yang diartikan di sini ialah nomor - nomor telepon penting yang kerap di perlukan di saat menekan atau genting. Harus diingat jika nomor-nomor itu kadang sulit untuk dikontak karena itu seorang operator telepon harus memiliki nomor alternative yang kemungkinan ada.
Berikut nomor-nomor telepon penting yang perlu di ingat dan dikenang:
Kantor polisi
Agen perjalanan (Travel Agen)
Pemadam kebakaran
Lapangan terbang dan kantor penerbangan (Airport dan Airlines Office)
Rumah sakit
Servis Taxi (Taxi servis)
Bantuan pertama/ genting (Medical help/first aid)
Stasiun kereta (Railway station)
3. Kartu pesan telephone
Ialah seperti kartu/formulir untuk menulis pesan tamu yang bakal
dikatakan ke orang tujuan. Adapun beberapa data yang dicatat pada formulir
itu ialah:
Nama tamu yang menghubungi
Nama dan nomor ruang tamu tujuan.
Tanggal dan waktu dibikinnya pesan itu.
Isi pesan nya.
Kelompok tipe pesannya (Penting,Please call back,Will call again, will come to see you dll)
Nama petugas yang terima pesan.
Baca Juga : Pengertian Pelayanan Prima Dalam Industri Perhotelan Berdasarkan Konsep A6
Jadi itulah tadi materi admin tentang telephone courtesy. Seperti yang sudah dijelskan di atas, sopan santun bertelepon atau telephone courtesy sangatlah penting dikuasai oleh seorang telephone operator, hal ini bertjuan untuk memberikan kesan yang positif bagi penelepon.
Semoga artikel ini dapat bermanafaat bagi kalian yang membacarnaya, dan admin juga mohon maaf jika ada tulisan admin yang salah dan sulit dipahami.
telephone courtesy, telephone courtesy in hotel, contoh telephone courtesy, telephone courtesy dalam bahasa inggris, paper telephone courtesy, telephone courtesy room service, jelaskan mengapa telephone courtesy sangat, penting bagi dunia perhotelan, mengapa telepon courtesy penting, telephone manner adalah, pentingnya telephone courtesy, telephone coutesy adalah, sop telephone courtesy, tata cara menerima telepon di hotel, jelaskan, sopan santun bertelepon, kalimat yang mengartikan bahwa petugas akan menyambungkan telepon adalah, tata cara menerima telepon di hotel, sopan santun dalam menelpon, mengapa sopan santun dalam berkomunikasi, melalui telepon itu penting, sopan santun dalam telepon, contoh telephone courtesy