Reservation Hotel
Reservation Hotel
Pengertian reservation hotel. Apakah kamu tahu apa itu reservation hotel ? apa saja tugas dan tanggung jawabnya ? berikut akan dijelaskan pengertian reservation hotel, tugas dan tanggung jawab reservation hotel, dan manfaat reservasi bagi tamu dan hotel. Simak artikel berikut ini !
Pengertian Reservation Hotel
Reservation adalah salah satu bagian yang dimiliki hotel, tepatnya salah satu section yang ada pada Front Office Department yang bertugas menangani pemesanan kamar atau booking kamar (book’s hotel). Ketika kita akan memesan kamar, section inilah yang akan menangani pemesanan kamar atau reservasi kita.
Reservation atau dalam Bahasa Indonesia yaitu pemesanan kamar, biasa dilakukan oleh para tamu ketika meraka hendak melakuka suatu perjalanan. Dengan reservation, tamu dapat mendaptakan kamar susuai dengan keinginan mereka.
Reservation hotel ini akan senang hati melayani tamu yang hendak memesan kamar. Dengan reservasi hotel akan dapat menyiapkan kamar sesuai dengan permintaan dari tamu yang melakukan pemesanan kamar.
Setiap reservation hotel memiliki system yang berbeda – beda, hal itu karena setiap hotel memiliki standar operational prosedur yang berbeda-beda. Setiap reservation hotel biasanya akan bekerja sama dengan berbagai perusahan. Dengan begitu sumber-sumber reservai hotel akan dapat berasall dari berbagia pihak.
Baca Juga : Sumber-sumber Reservarion Hotel
Dengan adanya pemesanan kamar atau reservation, tentu akan sangat bermanfaat bagi pihak hotel. Dengan adanya reservasi atau pemesanan kamar, reservation hotel dapat mengatur tugas dan tanggung jawab setiap karyawannya, dan tentu pekerjaan akan menjadi jauh lebih efisien.
Berikut ini akan dijelaskan tugas dan tanggung jawab reservation hotel.
Tugas Dan Tanggung Jawab Reservation Hotel
Setelah mengetahui apa itu pengertian reservation hotel, kamu selanjutnya harus mengetahui apa saja tugas dan tanggung jawab reservation hotel.
Secara umum, Reservation ini memliliki tugas dan tanggung jawab sebagai berikut :
- Menerima pemesanan kamar dari tamu secara perorangan atau individual, kelompok atau melalui travel agent dan memberikan komfirmasinya.
- Membuat ramalan atau perkiraan jumlah tamu atau penghuni kamar untuk suatu periode harian, mingguan, bulanan dan tahunan.
- Membuat daftar tamu yang akan datang secara harian (expected arrival list) yang individual, kelompok ataupun VIP.
- Menjual kamar hotel dan berbabgai produk hotel dengan menguasai up selling.
- Memasarkan atau memromosikan produk hotel terutama kamar hotel.
- Melakukan perumahan pemesanan kamar jika terdapat perubahan pada reservasi.
- Memcatat pembayaran pemesanan kamar yang dilakukan oleh tamu.
- Membuat laporan pemesanan kamar atau reservasi.
- Membuat arsip reservati atau pemesanan kamat secara tepat dan akurat.
Manfaat Reservasi
Reservasi atau pemesanan kamar sangat bermanfaat bagi pihak hotel maupun bagi tamu yang hendak menginap di hotel. Karena dengan adanya reservasi terlebih dahulu pihak reservation hotel dapat menyiapkan kamar yang telah dipesan oleh tamu dan dapat memperkirakan jumlah hunia setiap harinya.
Sedangkan bagi pihak tamu, dengan memesan kamar terlebi dahulu atau melakukan reservasi, mereka bisa mendapat kamar tampa khawatir tidak mendapatkan kamar di hotel yang mereka tuju ketika hight season. Berikut ini beberapa manfaat reservation.
Manfaat Reservasi Bagi Pihak Hotel
- Hotel dapat meprediksi tingkat hunian kamar setiap harinya
- Dapat memudahkan menyusun jawdal bagi karyawannya
- Hotel dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada tamu mulai dari baru datang hingga meninggalkan hotel.
- Hotel dapat mempresiksi pendapatan pada periode tertentu.
Manfaat Reservasi Bagi Tamu
- Tamu akan mendapatkan kepastian kamar pada saat dia tiba di hotel
- Tamu dapat memperkirakan perkiraan biaya yang mereka perlukan selama melakukan perjalanan.
- Tamu dapat menikmati pelayanan yang lebih maksimal karena pihak hotel sudah mempersiapkan sebelumnya
Baca Juga : Media Reservasi Kamar Hotel
Tugas dan Tanggung Jawab Maing-Masing Bagian Reservation Hotel
Setelah tadi dijelaskan apa saja tugas dan tanggung jawab reservastion hotel secara umum, berikut ini akan dijelskan tugas dan tanggung jawanb dari masing-masing bagian reservation hotel.
Reservation adalah salah satu bagian yang paling penting dalam sebuah hotel. Hal itu karena reservatioin lah yang menangani hal yang menjadi pendapatan tertinggin bagi setiap hotel. Untuk itu, reservation hotel dapat dibagi lagi menjadi beberapa bagian. Dan setiap bagian dari reservation hotel tersebut, memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.
1. Reservation Manager
- Membantu FOM dalam memantau dan mengontrol akurasi penjualan kamar agar tercapai “room accupancy” (tingkaat hunian kamar) yang tinggi dengan harga yang maksimal.
- Mempersiapkan semua laporan mengenai reservasi sehari-hari seperti penjualan kamar dalam sebulan, ;aporan mingguan, dan jumlah kamr yang terjualdalam satu malam
- Membina dan menjalin hubungan kerja yang baik dan harmonis anatra pihak travel agent dan airlane
- Mengecek prosedur kerja di bagian reservasi kamar agar menjadi lancar
2. Reservation Supervisor
- Mengawasi dan mengontrol pekerjaan para petugas reservasi sehingga dapaat berjalan lancer dalam standar prosedur operasi yang berlaku di hotel
- Menbuat jadwal kerja bawahan
- Mempersiapkan daftar kedatangan tamu (expected arrival list) dan daftar keberangkatan tamu (expected departure list)
- Mengecek hal-hal yang menyangkut kedatangan tamu mulai dari persiapan hingga kedatangan
- Membuat perbaikan data reservasi agar tetap dalam kondisi “up to date”
- Melakukan courtesy call dengan pihak travel agent, airlane, company, dan perusahaan lainnya
- Menjalin kerjasama yang baik dengan bagian lain didepartemen kantor depan
3. Reservation Cleck
Menerima reservasi kamar sehari-hari dengan akurat dan efisien berdasarkan standard an prosedur yang berlaku di hotel, seperti :
- Menjawab telepon reservation room sesuai dengan tata cara (manner) yang berlaku.
- Menindak lanjuti dan menyelesaikan reservasi kamar yang masuk baik yang melalui telepon, surat, facsimile dan sebagainya.
- Memproses semua reservasi kamar tampa menunda-nunda.
- Melakukan persetujuan terhadap reservasi kamar atau sebaliknya karena hotel fully booking
- Memperoses dan menyelesaikan masalah pembatalan kamar maupun resevasi yang no show
- Menawarkan harga teringgi pada saat menerima reservasi kamar melalui telepon.
- Menjelaskan kepada pemesan tentang fasilitas kamar yang dimiliki hotel.
- Melakukan antisipasi dengan baik pada saat hotel sedang over booking
- Mengarsipkan dan menyimpan semua berkas reservasi kamar.
- Memperhatikan kemampuan lain kamar
- Menjaga kerapihan dan kebersihan area kerjanya.
- Mengirim persetujuan reservasi kamar
- Mencatat semua reservasi kamar ke dalam agenda reservasi kamar melalui langkah-langkah yang telah ditentukan
Baca Juga : Jenis-jenis Reservati Kamar Di Hotel
Itulah tadi penjelasan tentang pengertian reservation hotel, tugas dan tanggung jawab reservation hotel. Serta manfaat reservasi bagi pihak hotel dan bagi pihak tamu. Jadi, apakan kamu sudah mengerti dan memahami tentang hal yang dijelaskan di atas ? aku harap iya
Oke aku rasa sekian dari penjelasan tentang pngertian reservation hotel, serta tugas dan tanggung jawabnya. Jika ada hal yang kurang jelas, bisa tinggalkan pertanyaan di kolom komentar. See You