Struktur Organisasi Hotel
Struktur Organisasi Hotel |
struktur organisasi hotel dan tugasnya masing-masing, struktur organisasi hotel dan tugasnya masing-masing, struktur organisasi hotel kecil, struktur organisasi hotel menengah, struktur organisasi hotel besar, struktur organisasi di hotel, struktur organisasi hotel bintang 3, struktur organisasi hotel bintang 5 beserta tugasnya, struktur organisasi hotel dan tugasnya, struktur organisasi hotel dan penjelasannya
Struktur Organisasi Hotel. Hotel adalah sebuah bangunan yang dikelola secara komersial untuk memberikan pelayanan kepada para tamu atau pengunjung berupa layanan penginapan, layanan makan dan minum, serta layanan lainnya yang diberikan kepada tamu untuk mememenuhi kebutuhan tamu selama menginap, serta untuk mendapatkan keuntungan bagi pihak hotel. Untuk menjalankan operasional suatu hotel, sebuah hotel memerlukan sebuah struktur organisasi hotel. Struktur organisasi hotel tergantung oleh besar kecilnya suatu hotel.
Pengertian Struktur Organisasi Hotel
Struktur Organisasi Hotel adalah gambaran mengenai tingkat jabatan dan alur kepemimpinan dalam suatu hotel, juga menunjukan hubungan tanggung jawab antara setiap bagian atau department yang ada di hotel. Struktur Organisasi Hotel ini dibuat agar memudahkan operasioal suatu hotel, dengan membagi tugas dan tanggung jawab kepada setiap karyawan sesuai dengan tingakatan dan jabatan yang dimilikinya. Struktur Organisasi Hotel ini sangatlah penting untuk menunjang dan meperlancara operasional suatu hotel.
Namun struktur organisasi hotel tidaklah sama pada masing-masing hotel. Hal ini karena dipengaruhi oleh besar kecilnya hotel. Struktur Organisasi Hotel dapat dibagi menjadi struktur organisasi hotel besar, struktur organisasi hotel menengah, dan struktur organisasi hotel kecil.
Berikut ini Struktur Organisasi Hotel dan tugasnya masing-masing
Baca Juga : Pengertian Hotel : Sejarah, Fungsi, Klasifikasi, Jenis, dan Struktur Organisasi Hotel
Struktur Organisasi Hotel Besar
Struktur organisasi hotel besar adalah struktur organisasi yang paling lengkap dalam sebuah hotel. Hal ini karena hotel besar memiliki fasilitas yang lebih lengkap dan pelayanan yang lebih komplit untuk tamu, serta tamu yang menginap di hotel ini juga tergolong banyak. maka diperlukan struktur organisasi yang lengkap untuk menunjang operasional. Struktur organisasi hotel besar juga bila disamakan dengan jumlah bintangnya, hal ini sama dengan struktur organisasi hotel bintang 5.
Struktur organisasi hotel besar |
Berikut ini penjelasan dari masing-masing posisi atau bagian yang dimiliki dalam struktur orgasasi hotel besar dan tugasnya masing-masing
Baca Juga : Sejarah industri perhotelan dunia dan Indonesia
1. General Manager
General Manager adalah pimpinan tertinggi dalam sebuah hotel yang bertugas dan bertanggung jawab atas seluruh penyelenggaraan kegiatan hotel dan mengawasi kinerja bawahannya.
2. Assistant General Manager
Assistant General Manager adalah bawahan langsung dari seorang general manager yang bertugas membantu semua tugas-tugas dari general manager dan menggantikannya ketika General Manager sedang tidak ada di tempat karena alasan tertentu.
3. Front Office
Front Office adalah salah satu department yang ada dihotel yang bertanggung jawab atas pelayanan kepada tamu mulai dari tamu itu ingin memesan kamar hingga tamu itu meninggalkan hotel.
4. Housekeeping
Housekeeping adalah salah satu departemen yang bertanggung jawab atas kebersihan dan kerapihan seluruh area yang ada di hotel.
5. Food Production
Food Producton adalah salah satu department yang ada di hotel yang bertanggung jawab atas pembuatan makanan atau hidangan yang akan disajikan kepada tamu di restoran.
6. F&B Service
F&B Service adalah salah satu department yang adak di hotel yang bertugas dalam menyajikan makanan yang sebelumnya sudah disiapkan oleh bagian Food Production, serta menghidangkannya kepada tamu.
7. Engeneering
Salah satu department yang ada di hotel yang bertanggung jawab atas pemeliharaan dan perbaikan seluruh fasilitas yang dimiliki hotel, seperti gedung dan peralatan elektronik hotel.
8. Human Resources/Personel
Human Resources adalah department yang ada di hotel yang bertanggung jawab atas sumber daya manusia yang dimiliki hotel, serta sistim ketenagakerjaan.
9. Accounting
Accounting adalah department hotel yang memiliki tugas sebagai pengatur keuangan hotel, mulai dari pengeluran untuk kos setiap department hotel, hingga pemberian gajih karyawan.
10. Sales & Marketing
Sales & Marketing adalah departemen yang bertanggung jawab atas penjualan dan pemasaran product-product hotel agar dapat diminati oleh para calon tamu.
11. Purchasing
Purchasing adalah departemen yang bertanggung jawab atas segala pembelian yang diperlukan oleh masing-masing departemen yang ada.
12. Security
Security adalah department hotel yang bertanggung jawab atas keamanan seluruh area hotel.
Baca Juga : Pengertian Hotel Menurut Para Ahli
Struktur Organisasi Hotel Menengah
Struktkur Organisasi Hotel Menengah ialah struktur organisasi yang berada di tengah-tengah antara hotel besar dan hotel kecil. Struktur Organisasi hotel menengah juga tergantung bagaimana fasilitas dan pelayanan yang diberikan oleh hotel tersebut, juga hal ini tergantung dari banyaknya tamu yang menginap dihotel. Dalam hal ini Struktur Organisasi hotel menengah bisa dibilang juga sama dengan struktur Organisasi Hotel Bintang 3.
struktur organisasi hotel menengah
Berikut ini akan diuraikan penjelasan dari masing-masing jabatan yang dimiliki dalam struktur organisasi hotel menengah dan tugasnya masing-masing
Baca Juga : Struktur Organisasi Hotel Berdasarkan Bintang
1. General Manager
General Manager adalah pimpinan tertinggi dalam sebuah hotel yang bertugas dan bertanggung jawab atas seluruh penyelenggaraan kegiatan hotel dan mengawasi kinerja bawahannya.
2. Assistant General Manager
Assistant General Manager adalah bawahan langsung dari seorang general manager yang bertugas membantu semua tugas-tugas dari general manager dan menggantikannya ketika general manager sedang tidak ada di tempat karena alasan tertentu.
3. Room Division
Room division adalah abgian yang bertugas dalam penyiapan kamar tamu dan pemeberian pelayanan kepada tamu serta pemesanan kamar tamu
4. F&B Departenent
F&B Departenent adalah bagian yang bertanggung jabawb atas pengolahan dan penyajian makanan kepada tamu
5. Personel Manager / Human Resources
Human Resources adalah department yang ada di hotel yang bertanggung jawab atas sumber daya manusia yang dimiliki hotel, serta sistim ketenagakerjaan.
6. Accounting
Accounting adalah department hotel yang memiliki tugas sebagai pengatur keuangan hotel, mulai dari pengeluran untuk kos setiap department hotel, hingga pemberian gajih karyawan.
7. Sales & marketing
Sales & Marketing adalah departemen yang bertanggung jawab atas penjualan dan pemasaran product-product hotel agar dapat diminati oleh para calon tamu.
8. Engeneering
Salah satu department yang ada di hotel yang bertanggung jawab atas pemeliharaan dan perbaikan seluruh fasilitas yang dimiliki hotel, seperti gedung dan peralatan elektronik hotel.
Struktur Organisasi Hotel Kecil
Struktur organisasi hotel kecil merupakan struktur organisasi hotel yang paling sederhana. Hal itu dikarenakan jumlah tamu yang menginap di hotel ini bisa dibilang tergolong sedikit, maka dari itu fasilitas dan pelayanan yang diberikan oleh hotel kecil tidak selengkap yang diberikan oleh hotel menengah ataupun hotel besar. dan bila disamakan, struktur organisasi hotel kecil sama dengan struktur organisasi hotel bintang 1.
struktur organisasi hotel kecil
Bagaimaana penjelasan posisi atau jabatana dalam struktur organisasi hotel kecil dan tugasnya masing-masing akan dijelaskan berikut ini
Baca Juga : 10 Hotel Bersejarah Di Indonesia
1. General Manager
General Manager adalah pimpinan tertinggi dalam sebuah hotel yang bertugas dan bertanggung jawab atas seluruh penyelenggaraan kegiatan hotel dan mengawasi kinerja bawahannya.
2. Front Office
Front Office adalah salah satu department yang ada dihotel yang bertanggung jawab atas pelayanan kepada tamu mulai dari tamu itu ingin memesan kamar hingga tamu itu meninggalkan hotel.
3. Housekeeping
Housekeeping adalah salah satu departemen yang bertanggung jawab atasu kebersihan dan kerapihan seluruh area yang ada di hotel.
4. F&B Department
F&B Departenent adalah bagian yang bertanggung jabawb atas pengolahan dan penyajian makanan kepada tamu
Baca Juga : Klasifikasi Jenis-Jenis Hotel
Jadi itulah tadi penjelasanan tentang struktur organisasi hotel dan tugasnya masing-masing, yang dapat dibedakan mejadi struktur organisasi hotel besar, struktur organisasi hotel menengah, dan struktur organisasi hotel kecil. besar kecilnya suatu struktur organisasi yang dimiliki oleh sebuah hotel tergantung dengan bagaimana fasilitas dan pelayanan yang diberikan kepada tamu. dan juga itu tergantung dari banyaknya tamu yang menginap disuatu hotel.
Cukup sekian pembahasan kali ini tentang struktur organisasi hotel. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kalian yang membacanya.