Pengertian serta Tugas dan Tanggung Jawab Telephone Operator Hotel |
Pengertian Telephone Operator
Telephone Operator Hotel adalah
salah satu section yang ada di frony office department yang bertugas
menangani layanan sambungan telepon, baik itu yang datang dari dalam
maupun luar hotel.
Dalam sebuah hotel, terdapat beberapa
bagian yang saling mendukung satu sama lain. Karena tampa hal tersebut,
operasional suatu hotel tidak dapat berjalan dengan baik. Setiap
bagian-bagian, termasuk telephone operator memiliki tugas dang fungsinya
masing-masing.
Baca Juga : Pengertian Pelayanan Prima Dalam Industri Perhotelan Berdasarkan Konsep A6
Bagian
telephone operator ini dipimpin oleh seorang yang disebut chief
operator. Ia yang bertanggung jawab langsung tehadap front office
manager. Sedangkan tugas-tugas pelaksanaan sehari-hari dilakukan oleh
para petugas telepon operator.
Untuk mengetahui
petugas-petugas yang ada di telephone operator beserta job deskripsinya
silahkan baca pada link artikel disini. Section section front office
department.
Tugas-Tugas Tanggung Jawab Telephone Operator
Pengertian serta Tugas dan Tanggung Jawab Telephone Operator Hotel
Pada petugas yang bekerja pada bagian telepon operator biasanya memiliki tugas-tugas, tanggung jawab, serta peranan sebagai berikut.
Baca Juga : JENIS-JENIS ATAU BENTUK KOMUNIKASI YANG DIGUNAKAN DALAM INDUSTRI PERHOTELAN
- Menangani penerimaan dan penyambungan sambungan telepon baik yang berasal dari dalam hotel maupun yang berasal dari luar hotel.
- Memberi informasi kepada tamu mengenai nomot telepon hotel atau perusahaan penting yang diminta oleh tamu. Sering kali tamu ini bertanya kepada petugas telepon operator mengenai nomer telepon yang tidak diprediksi sebelumnya, seperti : kantor polisi, rumah sakit, atau alamat dari rumah makan atau restoran terkenal disekitar hotel.
- Menangani panggilan tamu melalui paging, pemanggilan ini dilakukan atas permintaan orang yang bersangkutan atau informasi penting bagi pihak hotel. Paging dilakukan minimal 3 kali apabila yang dipanggil belum mengetahui.
- Melayani wake up call sesuai permintaan. Wake up call adalah pemanggilan yang dilakukan oleh petugas telepon operator yang bertujuan untuk membangunkan tamu yang ada di kamar atas permintaan tamu itu sendiri.
- Mengukur lama tamu melakukan pembicaraan terhadap lawan bicaranya melalui sambungan atau layanan sambungan telepon hotel.
- Membuat rekening pemakaian pesawat telepon (telepon bill) sesuai shiff masing-masing.
- Membuat summary tentang pemakaian tentang pemakaian telepon tamu setiap shiff.
- Menyampaikan pesan-pesan tamu kepada pelanggan yang diminta.
Setelah
dijabarkan tugas-tugas telephone operator seperti di atas, dapat kita
simpulkan bahwa bagian telephone operator merupakan bagian yang bertugas
untuk melayani sambungan telepon baik yang berasal dari dalam maupun
luar hotel.
Bagian ini bisa sangat bermaanfaat dan berperan
penting bagi tamu, karena layanan ini tidak hanya melayani penyambungan
telepon, tetapi juga melayani jasa wake up call dan juga pengiriman
pesan apabila tamu yang dituju tidak ada di dalam kamar.
Oleh
karena itu bagian telephone oprator merupakan bagian yang penting dalam
sebuah hotel dan juga dapat bermanfaat bagi tamu yang menginap di hotel
tersebut.